7 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Manfaat air kelapa untuk kesehatan ternyata sangatlah banyak. Air kelapa tidak hanya sekedar minuman yang menyegarkan, air kelapa ternyata banyak mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Diantaranya kalsium, magnesium, tembaga, besi, mangan, seng, vitamin B, vitamin C dan phyto-nutrisi seperti sitokin yang dianggap memiliki efek anti penuaan, anti kanker dan anti-pembekuan.

Banyak klaim yang telah dibuat mengenai manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh manusia. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya telah membuktikan bahwa air kelapa sangat bermanfaat untuk kesehatan. Selain itu, beberapa penelitian terbaru telah menunjukkan masih terdapat beberapa manfaat air kelapa untuk kesehatan yang mungkin sebelumnya belum diketahui oleh umum, diantaranya:

Menurunkan tekanan darah – sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa ketika subyek manusia minum 4mL air kelapa per 100g berat badan selama dua minggu, terjadi penurunan tekanan darah pada tubuh mereka hingga 75%. Pengurangan ini mengakibatkan perubahan yang signifikan pada tekanan sistolik sampai dengan 24 poin dan hingga 15 poin untuk tekanan diastoliknya.

Menurunkan gula darah – meskipun air kelapa mengandung gula, penelitian yang dilakukan pada tikus diabetes menunjukkan bahwa air kelapa bermanfaat untuk mengurangi kadar gula darah dan stres oksidatif.

Menurunkan kolesterol - sebuah penelitian yang membandingkan air kelapa terhadap lovastatin (Mevacor) mengakibatkan penurunan serupa pada total serum kolesterol, VLDL dan LDL ( kolesterol jahat) dan trigliserida, serta peningkatan HDL (kolesterol baik), tanpa efek samping yang berbahaya terkait dengan obat statin .

Sebagai anti-bakteri – penelitian telah mengidentifikasi tiga peptida anti- bakteri baru yang menghambat pertumbuhan bakteri baik gram positif dan gram negatif. Dengan begitu banyak bakteri menjadi resisten terhadap obat antibiotik yang tersedia saat ini, zat anti-bakteri baru sangat dibutuhkan, dan ini bisa diarahkan pada pengobatan infeksi yang lebih baik dan lebih baru.

Sebagai isotonik – Air kelapa bermanfaat sebagai isotonik yang sesuai dengan cairan tubuh sehingga bisa mengganti mineral tubuh yang hilang melalui keringat.

Mengobati dehidrasi – air kelapa juga terbukti bisa mengobati dehidrasi yang terkait dengan gastroenteritis

Pemulihan mabuk – elektrolit dan glukosa yang terkandung dalam air kelapa bisa digunakan sebagi obat mabuk alami yang efektif.

Analisis Manfaat Air Kelapa

Air kelapa telah dianalisis untuk dinilai kegunaannya sebagai solusi rehidrasi untuk pasien penderita mual, muntah dan diare. Analisis ini menunjukkan bahwa dengan menambahkan garam laut untuk meningkatkan jumlah natrium dan klorida, air kelapa bisa digunakan sebagai solusi rehidrasi alternatif. Dari hasil analisis tersebut telah menunjukkan manfaat air kelapa sebagai solusi alternatif yang lebih baik untuk pengbatan mual, muntah dan diare.

Tips Menikmati Air Kelapa

Air kelapa biasanya tersedia dalam kemasan botol atau kaleng, atau anda dapat langsung membeli kelapa yang masih segar, kemudian simpan pada suhu kamar selama 5-10 hari. Setelah kelapa dibuka, segera habiskan air kelapa tersebut atau dapat disimpan dalam kulkas untuk satu atau dua hari lamanya. Untuk menikmati air kelapa, anda bisa meminumnya secara langsung, tambahkan es untuk sensasi yang lebih menyegarkan; atau untuk memberikan tambahan rasa anda juga bisa menambahkannya dengan irisan lemon, mint, atau jeruk.

Demikian artikel mengenai manfaat air kelapa untuk kesehatan, semoga bermanfaat!

0 comments

Post a Comment